Supply Chain Management (SCM)
Supply Chain Management
adalah koordinasi sistem strategis fungsi bisnis tradisional dan taktik seluruh
fungsi-fungsi bisnis dalam suatu perusahaan tertentu dan di seluruh perusahaan
dalam rantai pasokan, untuk tujuan meningkatkan kinerja jangka panjang
perusahaan individu dan pasokan rantai secara keseluruhan (Mentzer et. al.,
2001) .pengertian lain dari supply chain management strategi rantai suplai yang
memerlukan totalitas hubungan dalam rantai tersebut yang bekerja sama
secara efisien untuk menciptakan kepuasan pelanggan di titik akhir. Sebagai
konsekuensi biaya harus diturunkan dan memfokuskan perhatian pada nilai tambah.
Berdasarkan
kedua definisi tersebut bisa dikatakan bahwa supply chain management adalah
suatu system antar fungsi-fungsi bisnis dalam suatu organisasi yang berperan
dalam mengelola tugas-tugas yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan
pelanggan mulai dari penyediaan bahan mentah hingga pengiriman barang kepada
pelanggan.
Sasaran dan Tujuan
Meneyediakan
barang dan jasa dengan tingkat ketersediaan yang tinggi dan memenuhi permintaan
dari pelanggan adalah sasaran dan tujuan dari SCM. Tujuan lain dari SCM
adalah Tujuan dari manajemen rantai suplai ialah meningkatkan kepercayaan dan
kolaborasi diantara rekanan rantai suplai, dan meningkatkan inventaris dalam
kejelasannya dan meningkatkan percepatan inventori.Berdasarkan tujuan tersebut
dapat terlihat disini bahwa hasil yang diberikan dari SCM dapat berupa :
- Pemenuhan permintaan pelanggan
- Tingkat ketersediaan barang dan jasa yang lebih baik
- Adanya peningkatan kerjasama antar rekanan yang terlibat dalam suatu rantai supply
Aktivitas SCM
SCM
ialah pendekatan antar-fungsi (cross
functional) untuk mengatur pergerakan material mentah kedalam
sebuah organisasi dan pergerakan barang jadi keluar organisasi menuju konsumen
akhir. Sebagaimana korporasi lebih fokus dalam kompetensi inti dan lebih
fleksibel, mereka harus mengurangi kepemilikan mereka atas sumber material
mentah dan kanal distribusi. Fungsi ini meningkat menjadi kekurangan sumber ke
perusahaan lain yang terlibat dalam memuaskan permintaan konsumen, sementara
mengurangi kontrol manajemen dari logistik harian. Pengendalian lebih sedikit
dan partner rantai suplai menuju ke pembuatan konsep rantai suplai.
Secara
garis besar, fungsi manajemen ini bisa dibagi tiga, yaitu distribusi, jejaring
dan perencaan kapasitas, dan pengembangan rantai suplai. Beberapa model telah
diajukan untuk memahami aktivitas yang dibutuhkan untuk mengatur pergerakan
material di organisasi dan batasan fungsional. SCOR adalah model manajemen
rantai suplai yang dipromosikan oleh Majelis Manajemen Rantai Suplai. Model
lain ialah SCM yang diajukan oleh Global
Supply Chain Forum(GSCF). Aktivitas suplai rantai bisa dikelompokan
ke tingkat strategi, taktis, dan operasional.
Ø Strategis
- Optimalisasi jaringan strategis, termasuk jumlah, lokasi, dan ukuran gudang, pusat distribusi dan fasilitas
- Rekanan strategis dengan pemasok suplai, distributor, dan pelanggan, membuat jalur komunikasi untuk informasi amat penting dan peningkatan operasional seperti cross docking, pengapalan langsung dan logistik orang ketiga
- Rancangan produk yang terkoordinasi, jadi produk yang baru ada bisa diintregasikan secara optimal ke rantai suplai,manajemen muatan
- Keputusan dimana membuat dan apa yang dibuat atau beli
- Menghubungkan strategi organisasional secara keseluruhan dengan strategi pasokan/suplai
- Kontrak pengadaan dan keputusan pengeluaran lainnya
- Pengambilan Keputusan produksi, termasuk pengontrakan, lokasi, dan kualitas dari inventori
- Pengambilan keputusan inventaris, termasuk jumlah, lokasi, penjadwalan, dan definisi proses perencanaan.
- Strategi transportasi, termasuk frekuensi, rute, dan pengontrakan
- Perbandingan atau pencarian jalan terbaik atas semua operasi melawan kompetitor dan implementasi dari cara terbaik diseluruh perusahaan
- Gaji berdasarkan pencapaian
- Produksi harian dan perencanaan distribusi, termasuk semua hal di rantai suplai
- Perencanaan produksi untuk setiap fasilitas manufaktur di rantai suplai(menit ke menit)
- Perencanaan permintaan dan prediksi, mengkoordinasikan prediksi permintaan dari semua konsumen dan membagi prediksi dengan semua pemasok
- Perencanaan pengadaan, termasuk inventaris yang ada sekarang dan prediksi permintaan, dalam kolaborasi dengan semua pemasok
- Operasi inbound, termasuk transportasi dari pemasok dan inventaris yang diterima
- Operasi produksi, termasuk konsumsi material dan aliran barang jadi(finished goods)
- Operasi outbound, termasuk semua aktivitas pemenuhan dan transportasi ke pelanggan
- Pemastian perintah, penghitungan ke semua hal yang berhubungan dengan rantai suplai, termasuk semua pemasok, fasilitas manufaktur, pusat distribusi, dan pelanggan lain
Ø Taktis
Ø Operasional
Ø Strukturisasi dan Tiering
Jika
dilihat lebih dekat pada apa yang terjadi dalam kenyataannya, istilah rantai suplai
mewakili sebuah serial sederhana dari hubungan antara komoditas
dasar dan produk akhir. Produk akhir membutuhkan material tambahan kedalam
proses manufaktur.
Apakah SCM masuk kedalam
proses bisnis atau Fungsi ?
Proses
bisnis adalah sekumpulan tugas yang dipicu oleh even tertentu dan menghasilkan
hasil yang bisa teridentifikasi dan bisa dihitung bagi penggunanya.
Sedangkan fungsi adalah pekerjaan atau departemen yang memerlukan kemampuan
tertentu. Tidak jarang fungsi ini dapat terjadi antar lintas departemen.
Berdasarkan pengertian tersebut terlihat disini bahwa CRM mempunyai sekumpulan
tugas dan dipicu oleh sebab tertentu, namun bila dilihat dari hasil yang
diberikan oleh SCM tidak semuanya bisanya dihitung. Berapa baik tingkat
ketersediaan barang dan jasa yang yelah dilakukan, seberapa besar peningkatan
kerjasama yang telah dilakukan merupakan suatu pertanyaan yang tidak bisa
dijawab secara quantitatif.
Berdasarkan
definisi sebelumnya tentang proses bisnis dan fungsi. adanya hasil dari
SCM yang tidak dapat dihitung membuktikan SCM sebagai suatu fungsi dan
bukan merupakan proses bisnis.
http://blogs.itb.ac.id/degunk/scm-supply-chain-management/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar